POLA PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI SEPANJANG ALIRAN SUNGAI PEKAPURAN–BANJARMASIN

Hadiya Ridha, Nopi Stiyati Prihatini, Muhammad Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi eksisting pola pengelolaan sampah yang di tampilkan dalam bentuk peta dan mengidentifikasi ada atau tidak hubungan antara tingkat pendapatan, pendidikan dan jarak pemukiman masyarakat dengan sarana pengelolaan sampah masyarakat di bantaran Sungai Pekapuran Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Penelitian ini menggunakan  metode  deskriptif  kuantitatif  didasarkan  hanya  untuk  mengkaji  dan  melihat hubungan antar variable. Penelitian ini dibagi menjadi tiga zona yaitu zona satu, dua dan tiga dengan jumlah sampel 260 responden berdasarkan populasi penduduk. Analisa penelitian menggunakan uji korelasi Rank Spearman dan Chi Square berdasarkan zona masing-masing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada zona satu masyarakat membuang sampah ke sungai dengan persentase 55,17%, tingkat pendapatan tergolong kategori rendah dengan persentase 57,47% dan tingkat pendidikan tergolong kategori rendah dengan persentase 50%. Uji Chi Square hubungan tingkat  pendapatan,  pendidikan  dan  jarak  permukiman  dengan  sarana  pengelolaan  sampah terdapat hubungan pada zona satu yaitu p-value masing-masing 0,025, 0,032, dan 0,044. Uji korelasi  tingkat  pendapatan,  pendidikan  dan  jarak  permukiman  dengan  sarana  pengelolaan sampah didapatkan nilai keoefesien korelasi masing-masing 0,275, 0,281 dan -0,219. Kesimpulan yang didapat yaitu semakin dekat jarak permukiman dengan sungai masyarakat membuang sampahnya ke sungai dan di dukung dengan faktor rendahnya tingkat pendapatan dan pendidikan.

Keywords


pengelolaan sampah; tingkat pendapatan; permukiman

Full Text:

PDF

References


Agoes, H. F. 2011. Studi Inventarisasi Sungai Yang Tidak Produktif Di Kota Banjarmasin. Jurnal INTEKNA, Tahun XI, No. 2 : 157–165 Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Banjarmasin.

Adawiah S. R., Yudi F. A., Muchtar E., dan Machfudz S. 2011. Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Perkotaan Di Kabupaten Kotabaru. Jurnal Enviro scienteae. ISSN:1978-8096. Fakultas Perikanan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Damanhuri dan Erni. 2010. Pengelolaan Sampah. Diktat Kuliah Teknik Lingkungan-3104. Bandung

Khairunnisa. 2011. Hubungan Karakteristik Ibu Rumah Tangga Dengan Pengolahan Sampah Domestik Dalam Mewujudkan Medan Green And Clean (Mdgc) Di Lingkungan I Kelurahan Pulo Brayan Darat II Kecamatan Medan Timur Kota Medan. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat. Universitas Sumatra Utara. Medan.

Kartila E. I. 2008. Sikap Dan Tindakan Masyarakat Bantaran Sungai Ciliwung alam Aktivitas Pembuangan Sampah Rumah Tangga. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan. Institut Pertanian Bogor. Bogor

Kusumawati Y., Dwi A., Dan Ambarwati. 2008. Hubungan Antara Pendidikan Dan Pengetahuan Kepala Keluarga Tentang Kesehatan Lingkungan Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs). Jurnal Kesehatan.ISSN 1979-7621, Vol. I, No. 1. Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiah Surakarta. Surakarta.

Mukono, H J, 2000, Prinsip Dasar Kesehatan Lingkungan. Surabaya : Airlangga University Press.

Mulasari, A. S. 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Masyarakat Dalam Mengolah Sampah Di Dusun Padukuhan Desa Sidokarto Kecamatan Godean Kabupaten Sleman Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Lingkungan ISSN : 1978-0575 Vol. 6, No. 3 : 144-211 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Nuzula, D. E. F. 2016. Dampak Usaha Sampah Rongsokan Plastik Terhadap Lingkungan Fisik Di Desa Murukan Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Jurnal Swara Bhumi. Volume 01 Nomor 01 Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya.

Putra H. P., Taufiq A. R., dan Any J. 2013. Studi Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pendapatan Keluarga terhadap Sikap dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan. ISSN: 2085-1227. Volume 5, Nomor 2. Jurusan Teknik Lingkungan. Universitas Islam Indonesia.

Soekidjo, N, 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip – Prinsip Dasar. Rineka Cipta, Jakarta. Sugiyono, 2005, Stastika Untuk Penelitian, Alfabeta. Bandung.

Sumardjo dan Lorenza R. R. 2014. Partisipasi Masyarakat Terhadap Kegiatan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Cikapundung di kelurahan Dago Bandung. Jurnal Penyuluhan. Vol. 10 No. 1 Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Wibowo, H. E. 2010. Perilaku Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Permukiman Di Kampung Kamboja Kota Pontianak. Tesis Program Pascasarjana Magister Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota Universitas Diponegoro. Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.