PENGGUNAAN AKTIVATOR EM4, PROMI DAN STARDEC UNTUK PEMANFAATAN LIMBAH SEKAM PADI DALAM PEMBUATAN PUPUK ORGANIK

Roosdeny Salem, Rijali Noor, Jumar Jumar

Abstract


Produksi padi menghasilkan limbah yang disebut sekam. Limbah sekam padi dapat digunakan menjadi bahan untuk sumber pembuatan pupuk kompos. Indonesia merupakan negara agraris dengan produksi padi mencapai 54 juta ton per tahun. Kondisi ini menjadi peluang penggunaan limbah sekam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian bahan-bahan organik dan mikroorganisme perombak terhadap fermentasi limbah sekam dan mengetahui komposisi terbaik terhadap SNI Kompos. Penelitian ini menggunakan kombinasi bahan pengomposan bahan pengomposan seperti sekam padi, kotoran sapi, dedak, serbuk gergaji, kapur, gula, serta aktivator yang terdiri dari EM-4, Promi, dan Stardec dengan 5 variasi dan 3 kali pengulangan. Parameter yang diuji adalah C-Organik, N, P, K, Ca, Mg, pH dan C/N rasio. Penelitian ini membuktikan bahwa penambahan aktivator memberikan pengaruh terhadap kecepatan proses pengomposan  kompos  sekamp  padi.  Terlihat  pada  lebih  cepatnya  kompos matang  dengan  tambahan  aktivator  dan  terjadinya  fluktuasi  nilai  fisik  yaitu dengan nilai rata-rata suhu 53oC – 26,6oC, dan pH 7,09 – 6,71. Variasi pupuk organik terbaik adalah variasi B dengan komposisi bahan sekam padi, kotoran sapi, dedak, kapur, gula dan penambahan aktivator EM-4.

 

Kata kunci: EM-4, Kompos, Promi, Stardec

Full Text:

PDF

References


Amien, I., A. Sofyan, dan M. Sudjadi. 1985. “Pengaruh pengapuran terhadap beberapa sifat kimia tanah ultisol Banten Jawa Barat.” Pemberitaan Penelitian Tanah dan Pupuk.

Gaur, A.C. 1986. A Manual of Rural Composting. FAO/UNDP Regional Project

Divition of Microbiology: New Delhi: Indian Agricultural Research Insitute. Indirani, Y. H., 2007. Membuat Pupuk organik secara singkat, Penebar Swadaya,

Jakarta.

Musnawar, 2003. Pupuk Organik Cair dan Padat. Penebar Swadaya. Jakarta. Prasad C.S., Maiti K,N., and Venugopal R., (2001), “Effect of rice husk ash in

whiteware compositions”, Ceramic International, 27, 629-635.

Sutanto, R. 2002. “Penerapan Pertanian Organik Permasyarakatan dan

Pengembangannya.” Yogyakarta.

Wididana, G.D.S. dan T. Higa. 1993. “Penuntun Bercocok Tanam Padi dengan Teknologi Effective Microorganism-4 (EM-4).” Seri Pertanian Akrab Lingkungan.

Yuli A. Hidayati, 2011. Kualitas pupuk cair hasil pengolahan Feses Sapi Potong

Menggunakan Saccharomyces cereviceae. Jurnal Ilmu Ternak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.