KAJIAN FAKTOR PENDORONG KEAKTIFAN KINERJA ORGANISASI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN BANK SAMPAH KOTA BANJARBARU

Nailul Ummah, Rizqi Puteri Mahyudin, Muhammad Firmansyah

Abstract


Bank sampah adalah tempat untuk menabung sampah yang telah dipilah terlebih dahulu sebelum disetorkan. Perkembangan bank sampah tidak terlepas dari adanya kegiatan organisasi dan peran serta masyarakat sebagai komponen terpenting dalam keberlanjutan pengelolaan bank sampah. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji faktor prioritas yang menjadi pendorong keaktifan organisasi dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan bank sampah. Empat bank sampah terbaik dalam penelitian ini yaitu bank sampah Gemilang, Kelurahan Guntung Manggis, bank sampah Sumber Rejeki, Kelurahan Syamsyudin noor, bank sampah Barokah, Kelurahan Landasan Ulin Timur dan bank sampah Cempaka putih, Kelurahan Sungai Ulin di Kota Banjarbaru. Hasil analisis dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) menunjukkan bahwa faktor prioritas pada bank sampah terbaik adalah partisipasi masyarakat (59%), sub faktor prioritas partisipasi masyarakat yaitu kepedulian terhadap lingkungan (29%) dan sub faktor organisasi prioritas adalah manajemen tata kelola bank sampah (32%).

Keywords


bank sampah; partispasi masyarakat; banjarbaru

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, H. Hanafi, I. dan Rozikin, M. 2015. Pengembangan Bank Sampah Sebagai Bentuk Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Pada Koperasi Bank Sampah Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP). Vol. 3, No, 1 : 128-133.

Badan Lingkungan Hidup Banjarbaru. 2016. Data Bank Sampah. Badan Lingkungan Hidup Banjarbaru.

Damayanti, R. dan Susilih, S. 2014. Efektivitas Pengelolaan Sampah melalui Bank Sampah (Studi tentang Bank Sampah di Kecamatan Sukmajaya. Depok). Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 1 : 1-17.

Humas dan Protokol Pemerintahan Kota Banjarbaru. 2016. Walikota Banjarbaru Resmikan Bank Sampah Benawa Raya Mandiri. Berita Terkini. (www.humas.banjarbaru.go.id, diakses tanggal 16 Februari 2017)

Kartini. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Masyarakat Menabung Sampah Serta Dampak Keberadaan Bank Sampah Gemah Ripah. Skripsi Jurusan Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut Pertanian Bogor.

Koesrimardiyati, A. 2011. Keberlanjutan Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Peran Perempuan dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah di RW 013 Cipinang Melayu Jakarta Timur). Tesis Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Lingkungan. Universitas Indonesia. Jakarta.

Mahyudin, R.P. 2017. Kajian Permasalahan Pengelolaan Sampah dan Dampak Lingkungan di TPA (Tempat Pemrosesan Akhir). Jukung Jurnal Teknik Lingkungan, 3 (1): 66-74, 2017.

Purwanti, W, S. Sumartono. dan Haryono, B, S. 2015. Perencanaan Bank Sampah Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Jurnal Reformasi. Vol. 5, No. 1 : 149-159, 2015.

Ratiabriani, N, M. dan Purbadharmaja, I, B, P. 2016. Partisipasi Masyarakat dalam Program Bank Sampah: Model Logit. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan. Vol. 9, No. 1 : 53-58, 2016.

Saputro, R, B. 2013. Proses Partisipasi Masyarakat dalam Kegiatan Bank Sampah. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial. 1: 1-13, 2013.

Suryani, A, S. 2014. Peran Bank Sampah Dalam Efektivitas Pengelolaan Sampah (Studi Kasus Bank Sampah Malang). Jurnal Aspirasi. Vol. 5, No. 1 : 71- 84, 2014.

Wulandari, A. 2015. Kepemimpinan dan Partisipasi Masyarakat dalam Program Bank Sampah. Laporan Studi Pustaka Syarat Kelulusan KPM 403. Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.