PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI KARBON AKTIF DARI SERBUK ARANG KAYU ULIN DENGAN AKTIVASI KOH DAN APLIKASINYA UNTUK MENURUNKAN KROM PADA LIMBAH CAIR SASIRANGAN

Asmarika Wibawati, Mahmud Mahmud, Chairul Abdi

Abstract


Krom merupakan salah satu jenis logam berat yang memiliki toksisitas tinggi dan melebihi ambang batas sehingga dapat menurunkan kualitas lingkungan di perairan. Salah satu cara mengurangi kadar krom dalam limbah cair sasirangan ialah dengan adsorpsi menggunakan arang aktif sebagai absorben. Serbuk gergaji kayu ulin adalah salah satu limbah yang banyak tidak dimanfaatkan dan dapat mengganggu estetika lingkungan. Sehingga memiliki potensi sebagai bahan baku dalam pembuatan karbon aktif. Dalam penelitian ini dilakukan adsorpsi terhadap logam berat Cr menggunakan karbon aktif serbuk kayu ulin berukuran 80-100 mesh sebagai karbon aktif. Penelitian bertujuan untuk menyelidiki pengaruh variasi waktu dan molaritas terbaik terhadap besarnya efesiensi absorpsi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu dan molaritas yang paling efektif adalah waktu perendaman 24 jam dengan molaritas terbaik adalah 3 M. Sedangkan untuk penurunan Cr pada limbah cair sasirangan menghasilkan efesiensi adsorpsi sebesar 65 %.

Keywords


serbuk arang; kayu ulin; sasirangan; KOH; Cr

Full Text:

PDF

References


Abdurachman. 2012. Tanaman Ulin (Eusideroxylon Zwageri T. & B) Pada Umur 8,5 Tahun Di Arboretum Balai Besar Penelitian Dipterokarpa Samarinda.

Astuti, W dan Bayu K. 2015. Adsorpsi Pb2+ Dalam Limbah Cair Artifisial Menggunakan Sistem Adsorpsi Kolom Dengan Bahan Isian Abu Layang Batubara Serbuk dan Granular. Universitas Negeri Semarang.

Buyung Safriansyah. 2014. Pembuatan Absorben Gambut Dari Kedalaman Yang Berbeda dan Aplikasinya Untuk Menurunkan Cr Total Dalam Limbah Cair Sasirangan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Dwi Setiawan, Cahya. 2014. Pembuatan Arang Aktif Kayu Ulin Dengan Aktivasi Kimia Menggunakan KOH Dan AplikasinyaUntuk Menurunkan Bahan Organik Alami (BOA) Pada Air Sungai. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru. Hlm 40

Edema, M. O., Sichamba, V & Ntengwe, F. W. (2012). Solid Waste Management-Case Study Of Ndola, Zambia. IJPAES. Vol 2. No 3. Juli-September

Fakhrizal. Rizki Fauzi. Yuli Ristianingsih. 2016. Reduksi Logam Cr6+ Total Limbah Cair Sasirangan Menggunakan Metode Adsorpsi Dengan Ekstrak Pektin Dari Kulit Pisang. Proseding Seminar Nasional Industri Kimia dan Sumber Daya Alam ISBN 978-602-70195-1-5 Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat 166

Herbest, W & Hunger, K. 2004. INDUSTRIAL ORGANIC pigments. wiley-VCH Verleg GmbH & Co. KgaA. Weinheim.

Imawati, Anita dan Adhitiyawarman. 2015. Kapasitas Adsorpsi Maksimum Ion Pb (II) oleh Arang Aktif Ampas Kopi Teraktivasi HCl dan H3PO4. JKK. Volume 4 (2), hal : 50-61. Fakultas MIPA. Tanjungpura.

Jauhari, A. Noor Mirad sari. 2007. Pengaruh Variasi penambahan Ragi dan Lamanya Waktu Fermentasi Terhadap Hasil Fermentasi Etanol Dari Serbuk Gergaji Kayu Ulin. Fakultas Kehutanan. UNLAM, Banjarbaru.

Kartohardjono, Sutrasno. M. Ali Lukman dan G.P. manik. 2008.Penentuan Kulit Batang Jambu Biji (Psidium guajava) Untuk adsorpsi Cr6+ dari larutan http://repository.ui.ac.id/contents/koleksi/11/92eb8f9ca6cc7f96543eec13c680c68b6d9d85aa.pdf (akses tanggal 20 Desember 2016)

Kusuma, Gita Ardia. 2009. Pendugaan Potensi Karbon Di Atas Permukaan Tanah Pada Tegakan Hutan Hujan Tropis Bekas Tebangan (Loa) 1983 (Studi Kasus Iuphhk Pt. Suka Jaya Makmur). Institut Pertanian Bogor.

Langenati, R , Rachmad M. M. , Deni .M , Bangun .W, Ridwan. (2012). Pengaruh Jenis Adsorben dan Konsentrasi Uranium Terhadap Pemungutan Uranium Dari Larutan Uranil Nitrat. Jurnal Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir. Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir–BATAN. Jogyakarta.

Lestaluhu, K.H. (2015). Kefektifan Ampas Sagu Sebagai Biosorben Untuk Mengadsorpsi Ion Timbal (PB). Jurnal Jurusan Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Sipil Universitas Hasanuddin. Makassar.

Lestari, Dwi Indah. 2016. Skripsi : Pengaruh Variasi Ukuran Arang Aktif Sekam Padi pada Proses Adsorpsi Cr Total pada Limbah Cair Sasirangan dengan Sistem Batch. Universitas Lambung Mangkurat.

Mizwar, A. 2013. Penyisihan warna pada limbah cair sasirangan dengan adsorpsi zeolite dalam fixed-bad column. Banjarbaru, Indonesia

Murniati. Sukaesih Pradjadinata. (2014). Pengelolaan Dan Konservasi Jenis Ulin (Eusideroxylon zwageri Teijsm. & Binn.) di Indonesia. Pusat Litbang Konservasi dan Rehabilitasi, Bogor.

Oktaviani, A. 2014. Pembuatan Arang Aktif Kayu Ulin dengan Aktivasi Kimia Menggunakan H2SO4 dan Aplikasinya Untuk Menurunkan Bahan Organik Alami (BOA) Pada Air Sungai. Skripsi Fakultas Teknik. Universitas Lambung Mangkurat.

Pradista, D.S. (2016). Studi Adsorpsi Dua Tahap Krom Heksavalen (Cr6+) Terhadap Adsorben Gambut Dengan Sistem Batch. Laporan Penelitian Fakultas Teknik UNLAM.Banjarbaru.

Safriansyah, B. (2014). Pembuatan Adsorben Gambut Dari Kedalaman Yang Berbeda Dan Aplikasinya Untuk Menurunkan Cr Total Dalam Limbah Cair Sasirangan. Laporan penelitian Fakultas Teknik UNLAM Banjarbaru.

Santoso. (2012). Preparasi dan Aplikasi Komposit Hidroksiapatit/Kitosan Sebagai Adsorben Logam Berat. Fakultas Teknik Departemen Teknik Kimia. Universitas Indonesia. Depok

Saputro, Mugiyono. 2010. Pembuatan Karbon Aktif Dari Kulit Kacang Tanah (Arachis hypogaea) dengan activator asam sulfat. Teknik Kimia. Universitas Diponegoro. Semarang

Sembiring, M. T., dan Tuti Sarma Sinaga 2003. Arang Aktif (Pengenalan dan Proses Pembuatannya). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Siti Salamah. 2008. Pembuatan Karbon Aktif Dari Kulit Buah Mahoni Dengan Perlakuan Perendaman Dalam Larutan KOH. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Sitorus, D. Oktavia. 2014. Arang Aktif Serbuk Gergaji Kayu Ulin dan Serabut Kelapa. Politeknik Sriwijaya. Palembang.

Untung Santoso, 2014. Pengelolaan Limbah Cair Sasirangan Melalui Kombinasi Metode Filtrasi dan Fitoremediasi Sistem Lahan Basah Buatan Menggunakan Tumbuhan Air yang Berbeda. Tesis Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Utami, U.B. L,. 2008. Pemanfaatan Karbon Aktif Limbah Kayu Ulin sebagai Adsorben Limbah Cair Sasirangan. Laporan Penelitian Fakultas MIPA, Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Widihati, I.A.G. (2008). Adsorpsi Anion Cr(VI) oleh Batu Pasir Teraktivasi Asam dan Tersalut Fe2O3. Jurnal Kimia, 2(1): 25-30.

Wang L, Guo Y, Rong C, Ma X, Qu Y, Wang Z. 2011. High surface area porous carbons prepared from hydrochars by phosphoric acid activation. Bioresource Technology. 102: 1947-1950.

Widyasari, N. 2014. Pembuatan Arang Aktif Kayu Ulin dengan Aktivasi Fisika dan Aplikasinya Untuk Menurunkan Bahan Organik Alami (BOA) Pada Air Sungai. Skripsi Fakultas Teknik. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.