PEMODELAN TINGKAT KEBISINGAN AKIBAT ARUS LALU LINTAS DI SDN NUSA INDAH 1 BATI BATI

Eka Damayanti, Rijali Noor, Nova Annisa

Abstract


Seiring dengan pertumbuhan penduduk, banyak lokasi sekolah yang terletak di pinggir jalan raya, sehingga sekolah-sekolah yang terletak di pinggir jalan raya tersebut terkena dampak dari peningkatan jumlah kendaraan bermotor salah satunya adalah kebisingan. Pada penelitian ini akan dilakukan pengaplikasian model prediksi tingkat kebisingan dan skenario penanganan yang sesuai dengan permasalahan tingkat kebisingan di SDN Nusa Indah 1 Kecamatan Bati-Bati menggunakan software Traffic Noise Model. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa Skenario penanganan kebisingan dengan barrier tanaman hanya dapat mereduksi 0,1 dB(A). Pada skenario penanganan kebisingan dengan barrier tembok dapat mereduksi hingga 6 dB(A). Skenario penanganan kebisingan dengan barrier kombinasi dapat mereduksi hingga 7 dB(A).


Full Text:

PDF

References


Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen PU. 2005. Mitigasi Dampak Kebisingan Akibat Lalu Lintas Jalan.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Djalante, Susanti. 2010. Analisis Tingkat Kebisingan Di Jalan Raya Yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (Apil) (Studi Kasus: Simpang Ade Swalayan) . Jurnal SMARTek, Vol. 8 No. 4.

Halil, Amwal, dkk. 2015. Pengaruh Kebisingan Lalulintas Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMP N 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas.

Menteri Lingkungan Hidup. Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No 48 Tahun 1996 tentang baku mutu tingkat kebisingan.

Prasetya S. Handoko, Jarwa. 2010. Pengendalian Kebisingan Pada Fasilitas Pendidikan Studi

Kasus Gedung Sekolah Pascasarjana UGM Yogyakarta.

Jurnal Sains Dan Teknologi Lingkungan Vol. 2 No. 1.

Ratri NK, Dyah, dkk. 2010. Pengaruh Aktivitas Kendaraan Bermotor Terhadap Kebisingan Di Kawasan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur Surakarta. Jurnal Ilmu-Ilmu Teknik - Sistem , Vol. 10 No. 2.

Resiana, Febi. 2014. Efektivitas Penghalang Vegetasi Sebagai Peredam Kebisingan Lalu Lintas Di Kawasan Pendidikan Jalan Ahmad Yani Pontianak. Zuniversitas Tanjung Pura.

Riyan ZikrI, M, dkk. 2014. Analisis Dampak Kebisingan Terhadap Komunikasi Dan Konsentrasi Belajar Siswa Sekolah Pada Jalan Padat Lalu Lintas. Fakultas Teknik Universitas Tanjung Pura: Pontianak.

Setiawan, Anugra. 2014. Pengaruh Kecepatan Dan Jumlah Kendaraan Terhadap Kebisinga (Studi Kasus Kawasan Kos Mahasiswa Di Jalan Raya Prabumulih –Palembang Km 32 Indralaya Sumatra Selatan. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan Vol.2 No. 4.

Suastawa, I Wayan, dkk. 2015. Analisis Penggunaan Bangunan Peredam Bising Untuk Mengurangi Kebisingan Lalu Lintas (Studi Kasus Jalan Uluwatu Ii Jimbaran). Jurnal Spektran Vol. 3 No. 2.

Texas Department of transportation. 2005. User guide traffic noise model.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.