PEMODELAN TINGKAT KEBISINGAN DI SD NEGERI 1 LOKTABAT UTARA KOTA BANJARBARU NOISE MODELING IN SD NEGERI 1 LOKTABAT UTARA BANJARBARU CITY

Raudhyna Zata Nadhillah, Rijali Noor, Nova Annisa

Abstract


Kawasan Jl. A. Yani km 32,5 merupakan salah satu jaringan jalan dengan aktivitas transportasi yang tinggi. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan kualitas fisik lingkungan yaitu dengan timbulnya kebisingan. Sumber kebisingan yang dominan di lingkungan ini adalah berasal dari lalu lintas kendaraan bermotor dengan persentase jumlah kendaraan ringan sebesar 66% dari total seluruh kendaraan. Dampak negatif dari kebisingan ini salah satunya adalah gangguan psikologis seperti kurangnya konsentrasi. Hal ini dirasakan pada siswa-siswi SDN 1 Loktabat Utara Banjarbaru yang mana letak sekolah berada di pinggir JL. A. Yani km 32,5. Berdasarkan penelitian sebelumnya, kebisingan di sekolah ini mencapai 74,8 dB(A) Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengaplikasikan model prediksi kebisingan dan usaha penanganan yang sesuai menggunakan software Traffic Noise Model (TNM). Data yang diperlukan adalah koordinat eksisting, volume kendaraan, kecepatan kendaraan, batas kebisingan, dan ketinggian pohon atau gedung di sekitar. Hasil data dengan menggunakan TNM berhasil menurunkan tingkat kebisingan menjadi dibawah baku tingkat yang diperbolehkan yaitu sebesar 55 dB(A) dengan menggunakan simulasi bangunan peredam dan juga kombinasi antara bangunan peredam dan tanaman.


Full Text:

PDF

References


Anonim1. Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. (2007). Peraturan Gubernur Kalimantan Selatan No. 53 Tahun 2007 Tentang Baku Mutu Udara Ambien dan Baku Tingkat Kebisingan

Anonim2. Badan Pusat Statistik Kota Banjarbaru. (2016). Kota Banjarbaru dalam Angka 2016

Anonim3. Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pekerjaan Umum (2005). Mitigasi Dampak Kebisingan akibat Lalu Lintas Jalan

Anonim4. Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual kapasitas jalan Indonesia

Anonim5. Menteri Lingkungan Hidup (1996). Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 48 Tahun 1996 Tentang Baku Tingkat Kebisingan

Anonim6. (2005). User’s Guide: Traffic Noise Model. Texas Department of Transportation

Brown, L. (1979). Gangguan Badan Disebabkan Kebisingan Lalu Lintas Jalan Raya. Tesis Program Pascasarjana Program Studi Teknik Arsitektur. University of Queensland. Australia

Djalante, S. (2010). Analisis Tingkat Kebisingan di Jalan Raya yang Menggunakan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APIL) (Studi kasus: Simpang Ade Swalayan). Jurnal SMARTek, Vol. 8 No. 4. Nopember 2010: 280 - 300. Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Halu Uleo. Kendari.

Ratri, Dyah., Nurmaningsih, Kusmiyati, dan Riyanto, A. (2014). Pengaruh Aktivitas Kendaraan Bermotor terhadap Kebisingan di Kawasan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Pangudi Luhur Surakarta. Jurnal Ilmu Teknik Vol. 10 No. 2

Fazria, N. (2012). Pengaruh Arus Lalu Lintas terhadap Tingkat Kebisingan di Kawasan SMPN1 Martapura dan Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah Pangeran Antasari Martapura. Tugas Akhir Prodi Teknik Lingkungan. Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Halil, A., Yanis, A., dan Noer, M. (2015). Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas terhadap Konsentrasi Belajar Siswa SMPN 1 Padang. Jurnal Kesehatan Andalas vol. 4 no. 1. 2015

Hustim, M., Runtulalo, D., dan Ahmad. (2015). Analisis Kebisingan Lalu Lintas pada Ruas Jalan di Kota Makassar. Jurnal Teknik Sipil. Universitas Hasanuddin. Makassar.

Huboyo, H. S dan Sumiyati, S., (2008). Buku Ajar Pengendalian Bising dan Bau. Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Semarang

Justian, A. (2012). Analisa Pengaruh Kebisingan terhadap Performa Siswa Sekolah Dasar di Ruang Kelas. Skripsi Fakultas Teknik. Universitas Indonesia. Jakarta

Khairina, Arisanty, D., dan Adyatma, S. (2014). Kebisingan Lalu Lintas Kendaraan Bermotor pada Ruas Jalan di Kecamatan Banjarmasin Tengah. Jurnal Pendidikan Geografi. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin

Mediastika, C. E. (2005). Akustika Bangunan: Prinsip-Prinsip dan Penerapannya di Indonesia. Penerbit Erlangga. Jakarta

Sam, F. (2012). Studi Model Hubungan Karakteristik Lalu Lintas dengan Tingkat Kebisingan Kendaraan pada Ruas Jalan Tol Ir. Sutami Makassar. Jurnal Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Makassar

Setiawan, A. (2014). Pengaruh Kecepatan dan Jumlah Kendaraan terhadap Kebisingan (Studi Kasus Kawasan Kos Mahasiswa di Jalan Raya Prabumulih-Palembang KM 32 Indralaya Sumatera Selatan). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Vol. 2 No. 4 Desember 2014

Syidiq, M. (2013). Pengaruh Intensitas Kebisingan terhadap Kenaikan Tekanan Darah pada Pekerja di PT. Pertani (PERSERO) Cabang Surakarta. Jurnal Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta

Triwinarti, D. dan Yudi, A. (2014). Studi Kebisingan Lalu Lintas di Kawasan Universitas Brawijaya Malang. Jurusan Fisika FMIPA. Universitas Brawijaya. Malang

Wardika, I K. Suparsa, I G. P., dan Priyantha, D. M. (2012). Analisa Kebisingan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Arteri (Studi Kasus Jalan Prof. Dr. Ib. Mantra pada Km 15 S/D Km 16). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil. Universitas Udayana. Denpasar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.