PEMETAAN DISTRIBUSI KONSENTRASI KARBON MONOKSIDA (CO) DIHUBUNGKAN DENGAN AKTIVITAS KENDARAAN BERMOTOR DI KAMPUS UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARBARU

Rima Sari Arisnawati, Rony Riduan, Nova Annisa

Abstract


Sektor transportasi Indonesia saat ini merupakan konsumen terbesar produk minyak bumi. Salah satu emisi yang dikeluarkan dari sisa pembakaran bahan bakar alat transportasi adalah gas karbon monoksida (CO). Pada penelitian ini akan dibahas mengenai pengaruh jumlah kendaraan bermotor terhadap peningkatan karbon monoksida (CO) di Kampus Universitas Lambung Mangkurat ULM Banjarbaru. Pengukuran polutan CO menggunakan metoda analisis Non Dispersive Infra Red (NDIR). Kemudian dilakukan perhitungan distribusi CO dengan menentukan kekuatan emisi kendaraan bermotor berdasarkan faktor emisi untuk konsumsi energi dan jenis bahan bakar. Kemudian ditentukan penyebaran konsentrasi karbon monoksida (CO) berdasarkan Gaussian Dispersion Model Type Line Source dengan program Caline4. Dari hasil tersebut, dibuat pemetaan konsentrasi CO menggunakan software Surfer®. Hasil pengukuran konsentrasi karbon monoksida (CO) eksisting di gerbang 1 adalah sebesar 2.523 μg/m3 atau sebesar 2,20 ppm pada pukul 07.00 – 08.00 dan di jalan samping mesjid Al-Baythar adalah 897 μg/m3 atau 0.78 ppm pada pukul 08.00-09.00. Dari hasil pemetaan diperoleh nilai konsentrasi emisi CO tertinggi adalah 3549,5 μg/m3 atau 3,1 ppm di hari Jumat pada jam padat siang.

 

Kata kunci: kendaraan bermotor, karbon monoksida, faktor emisi, model Caline4


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Eldewisa dan Driejana. 2010. Perbandingan Estimasi Beban Emisi CO Dan CO2 Dengan Pendekatan Konsumsi Bahan Bakar Dan Kecepatan Kendaraan (Studi Kasus: Bunderan Cibiru-Lembang). E-paper. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan . ITB. Bandung.

Endrayana, P. L. E., dan Widodo, B. 2011. Simulasi Model Dispersi Polutan Karbon Monoksida Di Pintu Masuk Tol (Studi Kasus Line Source Di Ruas Tol Dupak, Surabaya). Jurnal Pemantapan Keprofesionalan Peneliti, Pendidik, dan Praktisi MIPA Untuk Mendukung Pembangunan Karakter Bangsa. ISSN 978-979-99314-5-0.

Faradina, R., Sutan, H, A, T., dan Suharto, B. 2015. Agihan Polutan CO2 Di Kota Mojokerto Dengan Sistem Informasi Geografi (SIG). Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan, 2(2): 51-56.

Fardiaz, S. 2003. Polusi Air dan Udara. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Hafidawati dan Bachtiar, V. S. 2012. Prediksi Tingkat Pencemaran Kanbonmonoksida Dari Sumber Transportasi Dengan Menggunakan Model Caline4 (Studi Kasus di Jalan Utama Kota Padang). Jurnal Prosiding SNTK TOPI 2012. ISSN 1907-0500.

Jamaluddin, A., Sasongko, D. P., Gernowo, R., dan Sulistya, W. 2012. Penggunaan Metode Numerik Beda-Hingga Untuk Penyelesaian Persamaan Model Sebaran Pencemaran Udara (NO2). Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 2.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2007. Memprakirakan Dampak Lingkungan: Kualitas Udara.

Deputi Bidang Tata Lingkungan. Jakarta.

Kementrian Lingkungan Hidup. 2013. Pedoman Teknis Penyusunan Inventarisasi Emisi Pencemar udara di Perkotaan. Asdep Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Bergerak Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan. Jakarta.

Kristianto, P. 2002. Ekologi Industri. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Mukono. 1997. Pencemaran Udara dan Pengaruhnya Terhadap Gangguan Saluran Pernafasan.

Airlangga University Press: Surabaya.

Paramitadevi, Y. V. 2014. Simulasi dan Dispersi Model Dispersi Karbon Monoksida (CO) di Sekitar Pintu Tol Baranangsiang Bogor. Jurnal E-paper Institut Pertanian Bogor.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 1999. Pengendalian Pencemaran Udara. Lembaran Negara Republik Indonesia. Jakarta.

Permatasari, A. A. I, Sasongko, D. P.,dan Buchori, I. 2014. Analisis Sebaran Pencemaran Udara Menggunakan Model Dispersi Gauss Dan Pemetaan ArCGIS 10. Prosiding Seminar Biologi. Vol. 11(1).

Prakash,B.M., Mahadevaswamy, M.,Mahesh, and S., Siddhanti, R. 2015. Air Quality Assessment along the Highway Due To Vehicular Emissions and Validation of Air Quality Monitored Data with the CALINE4 Model. International Journal of Innovative Research in Science, Engineering and Technology. ISSN(Online): 2319-8753.

Samudera, G. 2015. Analisis Dan Pemetaan Green Belt Polusi Udara Pada Ruas Jalan Di Kota Makassar. Jurnal E-paper. Universitas Hasanuddin. Makasar.

Sengkey, S. L., Jansen, F., dan Wallah, S. E. 2011. Tingkat Pencemaran Udara CO Akibat Lalu Lintas Dengan Model Prediksi Polusi Udara Skala Mikro. Jurnal Ilmiah Media Engineering,Vol 1(2).

Sihotang, R.S. 2010. Pemetaan Distribusi Konsentrasi Karbon Dioksida (CO2) dari Kontribusi Kendaraan Bermotor di Kampus ITS Surabaya. Tugas Akhir Jurusan Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.

Soedomo. 2001. Pencemaran Udara. ITB. Bandung.

Soleiman, N., Tarumingkeng, R. C., Fauzi, A., dan Sanim, B. 2015. Model Sistem Dinamis Untuk Estimasi Pencemaran Udara Dari Emisi Kendaraan Bermotor Di Jakarta. Jurnal Matematika, Sains, Dan Teknologi, Vol 9(1): 1-10.

Sudarmadji. 1995. Pencemaran dan Proteksi Lingkungan. Bahan Ajar Program Studi Ilmu Lingkungan, Program Pasca Sarjana. Yogyakarta: UGM.

Sugiarti. 2009. Gas Pencemar Udara Dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Manusia. Jurnal Chemica Vol. 10(1): 50-58.

Suryaningsih, L., Sutan, H. A. T., dan Wirosoedarmo, R,. 2015. Analisis Spasial Defisiensi Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Mojokerto. Jurnal Sumber Daya Alam dan Lingkungan Vol 2(2): 1-10.

Tugaswati, A. T. 2012. Emisi gas buang kendaraan bermotor dan dampaknya terhadap kesehatan.

Jurnal E-paper. Jakarta.

Yamin, M. 2009. Pencemaran Udara Karbon Monoksida dan Nitrogen Oksida Akibat Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Padat Lalu Lintas Di Kota Makassar. Simposium XII FSTPT UK Petra. Surabaya.

Yang, C. S., Kao, S. P., Lee, F. B., Hung, P. S. 2004. Twelve Different Interpolation Methods: A Case Study of Surfer 8.0. Proceedings of XXth ISPRS Congress. Commission II. Istanbul. Tukey.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.