PEMANFAATAN LIMBAH KAPAS PUNTUNG ROKOK MENJADI MATERIAL PAPAN KOMPOSIT BERMATRIK POLYESTER

Muhammad Fajri Ismail, Chairul Abdi, Akhmad Syarief

Abstract


Penggunaan kayu dewasa ini semakin meningkat dengan semakin meningkatnya pengembangan pembangunan. Kayu menjadi pilihan utama bagi masyarakat karena kayu mudah dibentuk, mudah dalam pengerjaannya dan memiliki dekoratif serat yang indah. Namun kelemahan dari kayu adalah sangat mudah diserang oleh serangga perusak kayu karena kayu mengandung lignin, sehingga pemakaian kayu tidak bisa digunakan dalam jangka lama. Teknologi subtitusi pengolahan hasil hutan yang saat ini terus berkembang adalah pembuatan produk papan komposit. Komposit terdiri dari dua bagian yaitu matrik sebagai pengikat atau pelindung komposit dan filler sebagai pengisi komposit. Kapas puntung rokok merupakan serat dan belum termanfaatkan secara mekasimal merupakan potensi besar untuk digunakan sebagai filler dalam pembuatan komposit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi komposisi dari komposit kapas puntung rokok pada fraksi volume 70% serat 30% resin, 60% serat 40% resin, 50% serat 50% resin, 40% serat 60% resin, 30% serat 70% resin dengan perlakuan alkali (NaOH) selama 15 menit, kemudian dibilas dengan air bersih dan selanjutnya dikeringkan serta mengatahui nilai terbaik dari pengujian bending berdasarkan standar ASTM D790. Hasil pengujian bending menunjukkan bahwa semakin besar volume serat maka nilai kekuatan bendingnya akan semakin baik. Nilai kekuatan bending tertinggi yaitu pada fraksi volume 70% serat 30% resin dengan Modulus Of Repture sebesar 76 N/mm2 dan Moduulus Elastisitas sebesar 4970.5 N/mm2.


Full Text:

PDF

References


Bakti dkk. 2008. Pemanfaatan Limbah Padat Pengolahan Rumput Laut Graciria sp. Untuk Pembuatan Papan Partikel. Jurnal Pascapanen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan Vo.3 No.1. Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknolgi Kelautan an Perikanan, DKP.

Febriana, Tri Wulandari 2013. Produk Papan Komposit Dengan Pemanfaatan Limbah Non Kayu. Prodi Kehutanan Faperta UNRAM.

Jacobs, J.A dan Kilduft T.K. (1994). Engineering Material Technology Structure, Processing, Property and Selection 2. Prentice Hall,Inc A Simon Schuster Company, USA.

Mokhtar Munirah, Abdul Razak Rahmat, dan Azman Hassan. (2007). Characterization and treatments of pineapple leaf fibre Thermoplastic composite for construction application. Jabatan Kejuruteraan Polimer, Fakulti Kejuruteraan, Kimia dan Kejuruteraan Sumber Asli, Universiti Teknologi Malaysia. Research Vot No: 75147.

Nopriantina, N.A. 2013. Pengaruh Ketebalan Serat Pelepah Pisang Kepok (Musa Paradisiaca) Terhadap Sifat mekanik Material Komposit Poliester Serat Alam. Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Andalas, Padang.

Omega: Tchnical Reference Series Vol 3“Force-Related Measurements” 1998:17.

Smith, W.F. 1996. Priciples of Materials Science and Engineering,2nd ed, Mc Graw-Hil, Singapore.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.