EVALUASI PRODUKSI LIEBHERR R984 PADA KEGIATAN COAL GETTING DI PIT TUTUPAN PT RAHMAN ABDIJAYA JOBSITE ADARO, KABUPATEN TABALONG

Stephanie Chris Flourencia Dalla., Uyu Saismana., Mashud Ashari., Annisa Annisa.

Abstract


Penelitian tugas akhir ini dilakukan di lokasi Pit 1 Tutupan PT Rahman Abdijaya. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi ketidaktercapaian produksi alat gali muat yang digunakan untuk pemindahan batubara pada Pit Tutupan. Proses pemindahan material batubara pada Pit Tutupan menggunakan 1 unit alat gali muat Liebherr R984. Setelah melakukan kegiatan penggalian maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat pencapaian target tersebut seperti produksi dari alat mekanis penggali an material batubara.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis faktor-faktor produksi seperti waktu edar (cycle time), efisiensi kerja, dan pengurangan waktu tunda (delay time).

Berdasarkan data aktual hasil dari hasil penelitian didapatkan data produksi 1 fleet untuk alat gali muat sebesar 537 ton/jam dengan target produksinya 586 Ton/Jam dan tingkat ketercapaiannya 91.7%. Berdasarkan data aktual produksi fleet pada bulan Juli 2015, target produksi pemindahan batubara belum tercapai sehingga perlu dilakukan evaluasi serta langkah optimasi agar target tercapai. Setelah dilakukan simulasi perbaikan parameter -parameter produksi pada alat gali muat maka didapat hasil produksi pada simulasi sebesar 708 ton/jam dengan tingkat ketercapaiannya 120.8%.

 

Kata Kunci : pencapaian target, produksi, target produksi

Full Text:

PDF

References


Basuki, S dan Nurhakim, 2004. Modul Ajar dan Praktikum Pemindahan Tanah Mekanis. Program Studi Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Hal 100.

Indonesianto,Y., 2008. Pemindahan Tanah Mekanis. Jurusan Teknik Pertambangan UPN “Veteran”, Yogyakarta. Hal II-7, III-23-36-37-69.

Nurhakim, 2004. Buku Panduan Kuliah Lapangan II Edisi ke-2. Teknik Pertambangan Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Hal 4-5-20-23.

Prodjosumarto, P., 1983. Pemindahan Tanah Mekanis. Institut Teknologi Bandung, Bandung. Hal 1-29.

Suwandhi, A., 2004. Perencanaan Jalan Tambang. Diklat Perencanaan Tambang Terbuka, Bandung. Hal 2-4, 12-13.

Wedhanto, S, 2009. Diktat kuliah Alat Berat dan Pemindahan Tanah Mekanis. Jurusan Teknik Sipil Universitas Negeri Malang, Malang. Hal 57-61.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.