PENJADWALAN PENAMBANGAN PADA BLOK KARET 5 PT SUMBER KURNIA BUANA

Uyu Saismana., Angga Al Rasyid., Agus Triantoro., Muslaini Muslaini.

Abstract


PT Sumber Kurnia Buana memiliki wilayah izin penambangan PKP2B seluas 10,920 Ha. Ada penambang tanpa izin yang menambang di Blok Karet 5 yang baru diketahui setelah ditinggalkan oleh penambang tanpa izin tersebut. Analisis terhadap data hasil pemboran eksplorasi menyatakan bahwa masih ada sumberdaya batubara yang mungkin masih bisa diambil. Sebelumnya, perusahaan tidak melanjutkan ke tahap kegiatan penambangan karena harga batubara saat itu belum mampu menutupi biaya pembebasan lahan.  Saat harga batubara akan naik, perusahaan pun memerlukan perencanaan dan penjadwalan tambang. Hal tersebut lah yang melatarbelakangi saya melakukan pengamatan dan penelitian ini.

Batas   penambangan,   cadangan   tertambang,   dan   volume overburden ditentukan oleh nilai Stripping Ratio (SR) dari perusahaan yaitu SR ≤ 10 dan dari beberapa percobaan terhadap penentuan batas akhir penambangan didapatkan desain pit dengan SR 9. Ukuran jenjang dan arah penambangan mengacu pada rekomendasi geoteknik lereng dari perusahaan yaitu tinggi 10 m, lebar 5 m, kemiringan 60° dan arah penambangan mengikuti strike batubara. Perancangan pit dan perhitungan volume dibantu dengan perangkat lunak komputer. Tahapan penambangan disusun untuk memenuhi target produksi minimum 40,000 ton/bulan.

Jadwal penambangan yang dihasilkan ada dua, yaitu jadwal penambangan dengan kurun waktu 15 bulan dan 19 bulan. Jadwal penambangan selama 15 bulan memiliki SR terendah 2 pada bulan Januari, Februari, dan Maret 2016 dan SR tertinggi 14 pada bulan Januari 2017. Sedangkan jadwal penambangan selama 19 bulan memiliki SR terendah 2 pada bulan Januari, Februari, dan Maret 2016 dan SR tertinggi 6.2 pada bulan Juli 2017.

 

Kata-kata kunci : Penjadwalan tambang, perencanaan tambang, stripping ratio

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2011. SNI 5015 : Pedoman pelaporan, sumberdaya, dan cadangan batubara. Badan Standardisasi Nasional, Jakarta.

Arif, I. dan Adisoma, G.S. 2002. Buku Ajar TA – 424 Perencanaan Tambang. Institut Teknologi Bandung, Bandung. Hal : IV-5, VIII-7.

Nurhakim dan Melati, S. 2010. Bahan Kuliah Perencanaan dan Permodelan Tambang. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Hal : 1-1, 1-2, 1-3, 5-3.

Nurhakim. 2002. Bahan Kuliah Tambang Terbuka. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru. Hal : 9-2, 9-4.

Haris, A. W. 2005. Modul Responsi Metode Perhitungan Cadangan. Institut Teknologi Bandung, Bandung. Hal : 9.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.