OPTIMASI PENCAMPURAN BATUBARA MELALUI SIMULASI BERDASARKAN KRITERIA PARAMETER BATUBARA

Agung Dwi Prasetyo., Agus Triantoro., Uyu Saismana., Wahyu Permadi., Hafidz Noor Fikri.

Abstract


Pencampuran (blending) batubara merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan parameter kualitas batubara yang dijual agar sesuai dengan kriteria yang diharapkan pembeli. Pencampuran menggunakan batubara yang berasal dari beberapa perusahaan tambang memberikan banyak kemungkinan produk baru dengan parameter kualitas yang bervariasi. Simulasi pencampuran perlu dilakukan dalam menentukan beberapa opsi rumusan pencampuran untuk memenuhi kriteria parameter kualitas batubara. Dari beberapa opsi tersebut dipilih yang menghasilkan nilai produk paling optimum.

Penelitian dilakukan pada Unit Pemrosesan Batubara/Coal Processing Plant (CPP) yang terletak di Desa Lepasan Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Simulasi pencampuran menggunakan pendekatan teoritik yang didasari atas parameter permintaan pembeli. Kriteria parameter kualitas produk yang diharapkan adalah nilai kalori (CV) 4,100-4,300 kkal/kg, kelembaban total (TM) 32-35%, total sulphur (TS) 0.8-1%, dan kandungan abu (AC) 6-8%. Lima simulasi dilakukan terhadap tiap batubara yang berasal dari 5 lokasi tambang, yaitu  CPPA, CPPB, DK, BPR, dan GS. Opsi rumusan pencampuran yang memerlukan biaya pembelian terendah dan harga penjualan tertinggi dipilih sebagai yang paling optimum.

Simulasi pencampuran batubara CPPA-DK menghasilkan 5 produk, batubara CPPA-BPR menghasilkan 2 produk, batubara CPPB-PT BPR menghasilkan 3 produk, dan batubara CPA-GS menghasilkan 5 produk batubara yang berada dalam batas permintaan pembeli. Sehingga dari 20 simulasi diperoleh 15 produk yang sesuai kriteria, sedangkan 5 sisanya tidak memenuhi kriteria. Rumusan pencampuran yang paling optimal didapat pada simulasi terhadap batubara CPPA-CVDK dengan perbandingan 6,924 ton batubara CPPA dan 576 ton batubara DK. Parameter kualitas batubara optimal yang diperoleh  adalah nilai kalori 4,100 kkal/kg, TM 32.79%, TS 0.11%, AC 6.93%. Harga dasar batubara untuk pencampuran ini sekitar IDR 289,177. Harga penjualan IDR 375,000/ton memberikan keuntungan IDR 85,824/ton.

 

Kata-kata kunci: Pencampuran, Simulasi, Blending Batubara, Parameter Kualitas Batubara

Full Text:

PDF

References


Anonim. 2002. Pedoman Penulisan Skripsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi UVAYA 2002. Universitas Ahmad Yani, Banjarmasin.

Anonim. 2008. Basic Sampling dan Preparasi Batubara. Banjarbaru. hal 8.

Irwandy, A. 2014. Batubara Indonesia. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. pp 9, 25-30.

Muchjidin. 2006. Pengendalian Mutu dalam Industri Batubara. Institut Teknologi Bandung, Bandung. pp 2, 21-24, 95.

Sukandarrumidi. 1995. Batubara dan Gambut. Gadjah Mada University, Yogyakarta. pp 36, 77-79, dan 376.

Sukandarrumidi. 2006. Batubara dan Pemanfaatannya : Pengantar Teknologi Batubara Menuju Lingkungan Bersih. Gadjah Mada University, Yogyakarta. pp 12.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.