PERHITUNGAN CADANGAN BATUBARA DALAM PERENCANAAN JANGKA PANJANG PENAMBANGAN PIT CENDANA PT BHUMI RANTAU ENERGI

Sigit Prasetyo., Agus Triantoro., Adip Mustofa.

Abstract


Untuk mengetahui keberadaan potensi endapan batubara disuatu daerah, terlebih dahulu perlu dilakukan eksplorasi. Dari data-data hasil eksplorasi yang didapatkan, kita dapat menghitung sumberdaya batubara. Sumberdaya batubara akan menjadi cadangan batubara jika pada saat studi kelayakan dinyatakan layak untuk ditambang. Berdasarkan hasil eksplorasi yang dilakukan oleh tim eksplorasi PT Bhumi Rantau Energi, kajian geologi awal menunjukkan bahwa deposit batubara tersebut bernilai potensial.

Penelitian ini dikerjakan dengan bantuan software tambang, daerah pengaruh pemboran dan geometri lereng yang menjadi acuan dalam penentuan batas penambangan. Jumlah cadangan didapat dari intersection topografi dengan desain final pit. Batas penambangan dan perancangan pit mengacu pada rekomendasi geoteknik lereng yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu mendapatkan permodelan batubara yang dapat dilihat pada gambar-gambar yang ada di peta di dalam laporan tugas akhir, setelah mendapatkan rancangan pit, maka dilakukan perhitungan cadangan dengan cara intersection topografi dengan desain final pit, cadangan pit tersebut sebesar 7.274.572,50 ton dengan nilai SR 2,6.

 

Kata Kunci : Batubara, Cadangan, Pit Limit, Stripping Ratio


Full Text:

PDF

References


Arif, I. & Adisoma G.S., 2002. Buku Ajar TA 424-Perencanaan Tambang. ITB. Bandung. Halaman V 2, VIII-7.

Budirahardja. 2000. Prinsip Perencanaan Open Pit. Pusat Pengembangan Tenaga Pertambangan. Halaman 4.

Haris. 2005. Modul Responsi TE-3231, Metode Perhitungan Cadangan. ITB. Bandung.

Hustrulid, W. and Kuchta M., 1995, Open Pit Mine Planning and Design Volume 1: Fundamentals,. A.A. Balkema.Rotterdam, Brookfield p. 244-245.

Nurhakim. 2008. Draft Bahan Kuliah Perencanaan dan Permodelan Tambang. Program Studi Teknik Pertambangan FT UNLAM. Banjarbaru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.