EVALUASI CRUSHING PLANT DAN ALAT SUPPORT UNTUK PENGOPTIMALAN HASIL PRODUKSI DI PT BINUANG MITRA BERSAMA DESA PUALAM SARI, KECAMATAN BINUANG

Imam Imam., Agus Triantoro., Riswan Riswan, Deddy J. Sitio.

Abstract


Target produksi crushing plant pada PT Binuang Mitra Bersama adalah 350 ton/jam. Namun target produktivitas yang ditargetkan sering tidak tercapai permasalahan yang dihadapi dalam suatu pengolahan batubara adalah adanya penundaan waktu baik yang dapat dihindari maupun tidak. Contoh seperti alat pengolahan batubara yang sedang breakdown, hopper penuh, sedang hujan, dan atau alat pengolahan batubara sedang maintenance. Terhadap keadaan ini tentunya diperlukan optimalisasi untuk mendapatkan waktu kerja yang produktif yang diinginkan. Penelitian ini dilakukan untuk menghitung kapasitas produktivitas masing – masing komponen pada coal processing plant.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menganalisis factor-faktor pendukung produktivitas unit crushing plant seperti cycle time alat pengumpan, spesifikasi unit crusher dan belt conveyor, kondisi aktual lapangan  penyebab loss time seperti idle dan delay, serta breakdown time selama Bulan Februari Tahun 2016.

Setelah dilakukan penelitian kegiatan crushing plant  untuk evaluasi pengoptimalan hasil produksi aktual unit crushing plant pada PT Binuang Mitra Bersama maka perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui tingkat pencapaian target produksi seperti produktivitas dari alat cycle time alat pengumpan, unit crusher , dan belt conveyor. Berdasarkan data aktual didapatkan perhitungan produktivitas crushing plant sebesar 326,33 ton/jam. Berdasarkan data aktual  produksi pada bulan Februari, belum tercapai sehingga perlu dilakukannya  evaluasi serta langkah optimasi agar target tercapai. Melalui simulasi penambahan dump truck dan penambahan kapasitas muatan material batubara terhadap dump truck maka  target produksi pada bulan Februari  akan terpenuhi sebesar 375 ton/jam.

Full Text:

PDF

References


Anonim, 2006, Bridgestone Conveyor Belt Design Manual Handbook, Bridgestone Tire Co. Ltd.

Gupta, A, 2006, Mineral Processing Design and Operations – An Introduction. Perth, Australia.

Nurhakim, 2004. Buku Panduan Kuliah Lapangan II. Jurusan Teknik Pertambangan. Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.

Projosumarto, 1993. Pemindahan Tanah Mekanis. Institut Teknologi Bandung.

Sikumbang, N. dan Heryanto, R., 1994. Peta Geologi Lembar Banjarmasin,

Kalimantan Selata. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, Bandung.

Sudarsono, A. 1993. Pengantar Preparasi dan Pencucian Batubara. ITB. Bandung.

Sukamto, 2001. “Pengolahan Bahan Galian”. Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” , Yogyakarta.

Suwandi, A. 2004, “Peremukan Mekanis – Kominusi”. Diktat Perencanaan Tambang Terbuka. Universitas Negeri Islam Bandung.

Wills, B.A. 1985. Mineral Processing Technology. Pergamount Press, Oxford, New York.

Yunisa, E, 2011. Skripsi : Kajian Teknis Crushing Plant . Skripsi Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Lambung Mangkurat. Banjarbaru.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.