Journal History

Jurnal Himasapta disediakan sebagai wadah publikasi hasil penelitian/skripsi mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan, Universitas Lambung Mangkurat.

Proses pengumpulan artikel jurnal skripsi mahasiswa dimulai sejak awal tahun 2016. Setelah mengajukan ISSN elektronik untuk jurnal online pada Bulan Maret 2016, Jurnal Himasapta terbit secara online di website www.mining-unlam.ac.id. pada Bulan April 2016. Susunan Tim Pengelola Jurnal Himasapta selanjutnya diresmikan dalam SK Dekan Fakultas Teknik Universitas Lambung Mangkurat No. 624/UN8.1.31/SP/2016 tanggal 24 Mei 2016.

Pada bulan September 2016, PPJP ULM mulai mensosialisasikan kebijakan bahwa mahasiswa yang lulus skripsi/tugas akhir harus menulis dan mempublikasikan hasilnya dalam bentuk jurnal. Dengan demikian, Jurnal Himasapta bergabung ke dalam open journal system ULM sehingga terintegrasi dengan jurnal-jurnal seluruh ULM di laman http://ft.jtam.unlam.ac.id/index.php. November 2016, mulai diujicoba penggunaan sofware turnitin untuk mencek tingkat kemiripan dalam rangka penerapan kebijakan anti-plagiarism dan akan diterapkan tahun berikutnya (Oktober 2017).

Satu tahun setelah mengajukan ISSN elektronik, bulan Maret 2017 Jurnal Himasapta mengajukan permohonan untuk memperoleh ISSN cetak.

Tim Pengelola Jurnal Himasapta berkomitmen untuk menerbitkan jurnal skripsi mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan secara konsisten (minimal 5 judul per edisi terbit) dan kontinyu. Sampai saat ini Jurnal Himasapta telah terbit 5 edisi. Semuanya merupakan hasil kerja keras dan kerja sama para dosen pembimbing di Program Studi Teknik Pertambangan dalam mengarahkan mahasiswanya untuk menulis dan mempublikasikan jurnalnya.