TRAFFIC FLOW ANALYSIS MKJI METHOD AT JALAN TRANS KM 33 KUALA KAPUAS CENTRAL

Lisa Hardika, Rosehan Anwar

Abstract


Jalan Trans Kalimantan adalah jalan penghubung antar Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Jalan Trans Kalimantan Km.33 ini terhitung berdasarkan BM dari Banjarmasin yang termasuk pada jalan wilayah Kalimantan Tengah jika berdasarkan alamat, namanya adalah Jalan Trans Kalimantan km.10,5. Mengingat pentingnya jalan Trans Kalimantan Km.33 sebagai prasarana transportasi darat, dimana pada ruas jalan tersebut juga ada pertokoan, pasar, sarana pendidikan yang membuat volume kendaraan meningkat pada jam-jam tertentu dan pertumbuhan kawasan pemukiman yang pesat sehingga mengakibatkan timbulnya pergerakan - pergerakan lalu lintas maupun barang. Untuk itu perlu dilakukan penelitian pada konsisi eksisting tentang: Kapasitas, derajat kejenuhan, tingkat pelayanan, dari sinilah nantinya kinerja jalan dan ditinjau bagaimana prediksi kondisi kedepannya dengan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), dan permasalahan lainnya serta alternatif permasalahan yang ada pada jalan tersebut dapat diketahui. Untuk metodelogi penelitiannya, dilakukan pada sta.00+200-00+400 dengan pengambilan data primer dan sekunder. Hasil yang didapat pada kondisi eksisting yaitu DS 0,45 ITP B, Predisksi 5 tahun DS 0,58 ITP C,Prediksi 10 tahun DS 0,75 ITP D. dan penanganan yang terbaik setelah 10 tahun mendatang adalah  jalan lingkar sepeda motor dengan ITP B.


Keywords


Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Prediksi, MKJI

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Penerbit:Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. (2013). Manual Desain Perkerasan Jalan. Penerbit: Kementrian Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Munawar, Ahmad. (2006). Manajemen Lalulintas Perkotaan. Penerbit: Beta Opset. Jogjakarta.

Radam, Iphan F. (2008). Bahan Ajar Rekayasa Lalu Lintas. Penerbit: Universitas Lambung Mangkurat Press. Banjarmasin.

Saodang, Hamirhan. (2010). Konstruksi Jalan Raya Buku 1 Geometrik Jalan. Penerbit: Nova. Bandung.

Sukirman, Silvia. (1999). Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Penerbit: Nova. Bandung.

Transportation Research Board. (2000). Highway Capacity Manual, HCM. Washington, D.C.

Wahab, Wahyuni dkk. (2015). Analisis Nilai Pertumbuhan Lalu Lintas dan Perkiraan Volume Lalu Lintas Dimasa Mendatang Berdasarkan Volume Lalu Lintas Harian Rata- Rata. Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Riau Pekanbaru.

Widyawati, Feni. (2013). Analisa Perilaku Lalu Lintas. [Online]. Tersedia: https://www.academia.edu/4625928/3111105013_chapter2 [20 Oktober 2015]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CERUCUK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

free
hit counter View My Stats

Index by :