ANALYSIS OF TRAFFIC FLOW PERFORMANCE COMPARISON METHOD USING MKJI, MODEL GREENSHIELDS, GREENBERG, AND UNDERWOOD AT JALAN AHMAD YANI KM.32 BANJARBARU (STA 32+450 - 32+650)

Said Luthfi Zainur Hamid, Rosehan Anwar

Abstract


Arus lalu lintas merupakan salah satu komponen yang tidak bisa terpisahkan dengan komponen lainnya seperti aktivitas sosial, ekonomi, budaya, kependudukan dan pola tata guna lahan. Seiring dengan pertumbuhan arus lalu lintas yang meningkat dengan pesat, maka akan terjadi kepadatan arus lalu lintas. Kepadatan ini karena kapasitas kendaraan bermotor pada jalan tersebut jumlahnya sangat banyak, hal ini dapat menimbulkan kemacetan.

Tiga model pendekatan lalu lintas melalui model Greenshields, Greenberg, Underwood dan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 memberikan pedoman untuk mendapatkan  Tingkat Pelayanan Jalan dari suatu ruas jalan.

Persamaan model untuk arus Banjarmasin menuju ke Banjarbaru yaitu model Underwood dengan persamaan y = 63,588e-0,012x  dan nilai R sebesar 0,611 dengan volume maksimum sebesar 2412,81 smp/Jam, sedangkan untuk arus Banjarbaru menuju ke Banjarmasin didapatkan persamaan dengan Model Greenberg, y = -13,75ln(x) + 88,767  dan nilai R sebesar 0,476, didapatkan saat volume maksimum sebesar 3218,98 smp/jam.  Berdasarkan prediksi yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa pada tahun ke-4 dan tahun ke-5 tingkat pelayanan di jalan Ahmad Yani Km.32 Banjarbaru berada pada kategori kelas E dan F. Maka dari itu perlu dilakukan penanganan agar tingkat pelayanan dapat meningkat dan menjadi lebih baik.


Keywords


Greenshields, Greenberg, Underwood, MKJI, Prediksi

Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Jalan Kota.1990. Tata Cara Pelaksanaan Survei Perhitungan Lalu Lintas Cara Manual. Penerbit: Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta

Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota.1999. Rekayasa Lalu Lintas. Penerbit: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta

Direktorat Pembangunan Jalan Perkotaan.1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Penerbit: Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

Leihitu, Dony D. J .2004.Analisa Perbandingan Perhitungan Kapasitas Metode MKJI 1997 Dengan Perhitungan Kapasitas Menggunakan Metode Greenshield, Greenberg dan Underwood.Kota Kuala Pembuang

Lehitu Donny D.J, 2004. Thesis, Analisis Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Di Kota Manado (Studi Kasus Jalan Sam Ratulangi). Kota Manado.

Mawardi, M.Isra.2015. Analisa Kinerja Arus Lalu Lintas Dengan Metode MKJI, Model Greenshields, Greenberg, Dan Underwood Pada Jalan A Yani Km 34 Banjarbaru. Kota Banjarbaru.

Radam, Iphan F.2008.Bahan Ajar Rekayasa Lalu Lintas. Penerbit: Universitas Lambung Mangkurat Press. Banjarmasin.Sudjana, 1992, Metoda Statika, Penerbit Tarsito, Bandung.

Rajasa, M.Hatta.2006. Menuju LLAJ yang Tertib. Penerbit: Departemen Perhubungan.Jakarta

Tamin, Oz. (2000). Perencanaan dan permodelan Transportasi, Edisi ke-2, Jurusan Teknik Sipil, Institusi Teknologi Bandung.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 1992 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CERUCUK

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

free
hit counter View My Stats

Index by :